Popular Post

Posted by : fadila cahya Selasa, 01 Juli 2014





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan  : SMA
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : X / Ganjil
Sub Materi Pokok   : Teks naratif Tulis berbentuk legenda sederhana
Alokasi Waktu        : 2 x 45 minute

A.      Kompetensi Inti  :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar :
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar 
2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.  
3.9.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana.
C.      Indikator :
·      Memiliki perilaku jujur dan santun dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan lingkungan
·      Mengidentifikasi  jenis text  berbentuk narrative
·      Mengidentifikasi struktur teks dari teks naratif tersebut.
·      Menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari sebuah teks narrative
·      Mampu menentukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks narrative tersebut.
D.      Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
2.      Siswa memiliki perilaku jujur dan santun dalam berinteraksi secara efektif dengan sosial dan lingkungan
3.      Diberikan sebuah teks narrative siswa dapat mengidentifikasi jenis teks naratif
4.      Diberikan contoh teks naratif siswa mampu mengidentifikasi struktur teks tersebut.
5.      Diberikan   pertanyaan yang berhubungan dengan gagasan utama,informasi rinci,informasi tertentu  berkaitan dengan text narrative siswa mampu menjawab dengan benar
6.      Siswa mampu menentukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks naratif.
E.      Materi Pembelajaran :
Fungsi sosial :
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur :
a.    Pengenalan tokoh dan setting
b.   Komplikasi terhadap tokoh utama
c.    Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan :
(1)Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
(2)Kalimat kalimat yang terkait dengan teks narrative
Topik :
Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
Once upon time there was a King of the Antah Berantah Kingdom wishes Dewi Sekartaji by changing her into a golden snail : Keong Emas. The God told Keong Emas to droft along the river in order to find her husband, Panji Asmoro Bangun.
One day poor or widow, Mbok Rondo Dadapan, who always fished long the river, found the golden snail and took it home. There, she put the snail in a jar and took care of it. All of a sudden. Unexpected good things took place in Mbok Rondo’s life.
Coming back from her daily fishing, she would find delicious dishes on the table and the house leaned. She wondered who had been so nice to take care of her house and to do cooking. When this went on for several days, she could not resist the temptation to find out who the mysterious kind person was. So, one day, instead of fishing, she peeped through a hole in the wall of her house.
1.      Answer the question below
1.      What is the purpose of the text ?
2.      What is the generic structure of the second paragraph of the text?
3.      Underline  sentences that contain :
a)      Simple past
b)      Adverb of time
c)      Adverb of place
d)     Indirect speech
e)      Past future
4.      The word “this” (paragraph 2 line 3 ) refers to ……..
5.      Explain The phrase “Unexpected good things” (paragragh 3 , last sentence )
F.       Metode Pembelajaran
·         Metode: scientific
·         Pendekatan: Contectual
G.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
ü  LCD
ü  SUARA GURU
ü  WHITE BOARD
ü  INTERNET

H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Siswa mengucapkan salam dan berdo’a sebelum memulai pelajaran.
·      Siswa merespon guru ketika guru memeriksa kahadiran siswa.
·      Siswa memperhatikan ulasan guru tentang gambaran materi yang akan disampaikan.
10 menit
Inti
Mengamati
Siswa mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan teks narrative
·      Siswa mengobserve teks yang disediakan guru,siswa mampu menentukan struktur dan unsur kebahasaan
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks naratif yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
Diberikan teks naratif,siswa mampu menentukan gagasan utama , informasi rinci dan informasi tertentu.
·      Siswa diberikan sebuah teks naratif ,siswa mampu mengidentifikasi fungsi sosial , struktur , unsur kebahasaan  secara berkelompok.
Mengasosiasi
Siswa mendiskusikan dengan kelompok fungsi sosial , struktur dan unsur kebahasaan yg dipakai dalam teks naratif.
Mengkomunikasikan
Siswa mengomunikasikan hasil diskusi kepada kelompok lain.


10 menit









10 menit







20 menit









15 menit







15 menit
Penutup
 Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai fungsi sosial , sruktur ,dan unsur kebahasaan dalam teks naratif.
 Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Siswa dan guru menutup pelajaran dengan membaca do’a



10 menit

I.         PENILAIAN :
·          Pencapaian fungsi sosial
·          Kelengkapan dan  keruntutan struktur teks naratif
·          Ketepatan unsur kebahasaan: kalimat-kalimat yang terkait dengan teks narrative
·          Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
NO
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Jumlah Skor
Nilai
Tanggung jawab
Peduli
Kerjasama
Cinta damai
Keaktifan













































Keterangan Skor :                                       
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                     = Baik Sekali
3                     = Baik
2                     = Cukup
1 = Kurang
                             Skor perolehan
Nilai     =                                        X  100
                             Skor Maksimal (20)                             
Kriteria Nilai
A         =   80 – 100    : Baik Sekali      
B          =   70 – 79      : Baik
C          =   60 – 69      : Cukup
D         = ‹ 60              : Kurang


By : Fadila Cahyaning Siwi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FUTURE WITH ENGLISH - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -