- Back to Home »
- EXAMPLE LESSON PLAN KUR 2013 SMA
Posted by : fadila cahya
Selasa, 01 Juli 2014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / Ganjil
Sub
Materi Pokok : Teks naratif Tulis
berbentuk legenda sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 45 minute
A.
Kompetensi
Inti :
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1.Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.15Menangkap
makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana.
C.
Indikator
:
· Memiliki
perilaku jujur dan santun dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan lingkungan
·
Mengidentifikasi jenis text
berbentuk narrative
·
Mengidentifikasi struktur teks dari teks
naratif tersebut.
·
Menemukan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari sebuah teks
narrative
·
Mampu
menentukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks
narrative tersebut.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Siswa
menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
2. Siswa
memiliki perilaku jujur dan santun dalam berinteraksi secara efektif dengan
sosial dan lingkungan
3. Diberikan sebuah teks narrative siswa dapat mengidentifikasi jenis
teks naratif
4. Diberikan
contoh teks naratif siswa mampu mengidentifikasi struktur teks tersebut.
5. Diberikan
pertanyaan yang berhubungan dengan gagasan
utama,informasi rinci,informasi tertentu berkaitan
dengan text narrative
siswa mampu menjawab dengan benar
6. Siswa mampu menentukan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks naratif.
E.
Materi
Pembelajaran :
Fungsi sosial :
Meneladani
nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur :
a. Pengenalan tokoh dan setting
b. Komplikasi terhadap tokoh utama
c. Solusi dan akhir cerita
Unsur kebahasaan :
(1)Kata-kata
terkait karakter, watak, dan setting
dalam legenda
(2)Kalimat
kalimat yang terkait dengan teks narrative
Topik
:
Keteladanan
tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
Once upon time there
was a King of the Antah Berantah Kingdom wishes Dewi Sekartaji by changing her
into a golden snail : Keong Emas. The God told Keong Emas to droft along the
river in order to find her husband, Panji Asmoro Bangun.
One day poor or widow,
Mbok Rondo Dadapan, who always fished long the river, found the golden snail
and took it home. There, she put the snail in a jar and took care of it. All of
a sudden. Unexpected good things took place in Mbok Rondo’s life.
Coming back from her
daily fishing, she would find delicious dishes on the table and the house
leaned. She wondered who had been so nice to take care of her house and to do
cooking. When this went on for several days, she could not resist the
temptation to find out who the mysterious kind person was. So, one day, instead
of fishing, she peeped through a hole in the wall of her house.
1.
Answer
the question below
1.
What
is the purpose of the text ?
2.
What
is the generic structure of the second paragraph of the text?
3.
Underline
sentences that contain :
a)
Simple
past
b)
Adverb
of time
c)
Adverb
of place
d)
Indirect
speech
e)
Past
future
4.
The
word “this” (paragraph 2 line 3 ) refers to ……..
5.
Explain
The phrase “Unexpected good things” (paragragh 3 , last sentence )
F.
Metode
Pembelajaran
·
Metode: scientific
·
Pendekatan: Contectual
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
ü LCD
ü SUARA GURU
ü WHITE BOARD
ü INTERNET
H.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Siswa mengucapkan salam dan
berdo’a sebelum memulai pelajaran.
· Siswa merespon guru ketika
guru memeriksa kahadiran siswa.
· Siswa memperhatikan ulasan guru
tentang gambaran materi yang akan disampaikan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan teks narrative
· Siswa mengobserve teks yang
disediakan guru,siswa mampu menentukan struktur dan unsur kebahasaan
Mempertanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai teks naratif yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
Diberikan teks naratif,siswa mampu menentukan gagasan utama , informasi
rinci dan informasi tertentu.
· Siswa diberikan sebuah teks
naratif ,siswa mampu mengidentifikasi fungsi sosial , struktur , unsur
kebahasaan secara berkelompok.
Mengasosiasi
Siswa
mendiskusikan dengan kelompok fungsi sosial , struktur dan unsur kebahasaan
yg dipakai dalam teks naratif.
Mengkomunikasikan
Siswa mengomunikasikan hasil diskusi kepada kelompok lain.
|
10 menit
10 menit
20 menit
15 menit
15 menit
|
Penutup
|
Siswa
diberikan penegasan oleh guru mengenai fungsi sosial , sruktur ,dan unsur kebahasaan
dalam teks naratif.
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Siswa dan
guru menutup pelajaran dengan membaca do’a
|
10 menit
|
I.
PENILAIAN
:
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
kalimat-kalimat yang terkait dengan teks narrative
·
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Pengamatan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta
damai
|
Keaktifan
|
||||
Keterangan Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
(20)
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 :
Baik Sekali
B = 70 – 79 :
Baik
C = 60 – 69 :
Cukup
D = ‹ 60 : Kurang
By : Fadila Cahyaning Siwi