Popular Post

Posted by : fadila cahya Minggu, 03 Agustus 2014

Disini adalah beberapa contoh rencana pelaksanaan pembelajaran untuk tingkatan SMA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         : SMA
Kelas/Semester               : X/1
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Skill                                : Speaking
Topik                              : Memuji Bersayap (extended)
Alokasi Waktu               : 2 X 45 Menit
Jumlah Pertemuan          : 1 Pertemuan

A.     Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap  serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
·           Menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
·           Memiliki perilaku santun dan peduli dalam berinteraksi komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
·           Mengenal ungkapan- ungkapan memuji
·           Melafalkan ungkapan- ungkapan memuji
·           Membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan memuji dalam komunikasi
·           Mempraktekan ungkapan- ungkapan memuji

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
2.      Siswa memiliki perilaku santun dan peduli dalam berinteraksi interpersonal dengan guru dan teman
3.      Diberikan beberapa ungkapan dalam bentuk video,siswa mengenal ungkapan- ungkapan memuji
4.      Diberikan beberapa ungkapan siswa melafalkan ungkapan- ungkapan memuji
5.      Diberi beberapa ungkapan siswa membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan memuji dalam komunikasi
6.      Diberi beberapa ungkapan memuji, siswa mempraktekan ungkapan- ungkapan memuji

E.      Materi Pembelajaran
Fungsi sosial
·                    Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
·                    Ungkapan untuk memuji dan responnya : Excellent! You really did it well, Tina.”  “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
·                      Ucapan, tekanan kata, intonasi

F.      Metode Pembelajaran
·         Metode : Scientific
·         Pendekatan : Role Play
G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Siswa mengucapkan salam dan berdo’a sebelum memulai pelajaran.
·      Siswa merespon guru ketika guru memeriksa kahadiran siswa.
·      Siswa memperhatikan ulasan guru tentang gambaran materi yang akan disampaikan.
10 menit
Inti
Mengamati
Siswa mengamati ekspresi yang digunakan dalam memuji bersayap
·      Siswa mengobserve gambar ,lalu mencocokkan dengan ekspresi yang dipakai
·      Siswa menirukan ungkapan memuji tersebut
Mempertanyakan
Siswa diberikan beberapa contoh ungkapan memuji
·      Siswa mempertanyakan perbedaan antara memuji bersayap dalam bahasa inggris dan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
·      Siswa membuat dialog ekpresi memuji secara berkelompok berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru
Mengasosiasi
Siswa mendiskusikan dengan kelompok ungkapan apa saja yang dipakai dan menentukan ide dalam dialog tersebut.
Mengkomunikasikan
Siswa mengomunikasikan hasil diskusi kepada kelompok lain.
·      Siswa mempraktekan ekspresi  memuji di dalam kelas.


10 menit










10 menit




20 menit






15 menit







15 menit
Penutup
 Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai ungkapan memuji bersayap, bagaimana menanyakan dan merespon dengan tepat.

 Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Siswa dan guru menutup pelajaran dengan membaca do’a



10 menit

H. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Audio CD/  , Internet

I.       Pedoman Penilaian

KRITERIA
SKOR
INDIKATOR
Kelancaran (fluency)
3
Lancar
2
Kurang Lancar
1
Tidak Lancar
Pengucapan (pronunciation)
3
Lancar
2
Kurang Lancar
1
Tidak Lancar
Intonasi (Intonation)
3
Lancar
2
Kurang Lancar
1
Tidak Lancar
Pilihan kata (Diction)
3
Lancar
2
Kurang Lancar
1
Tidak Lancar

J.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar (Terlampir)
-       Teknik         : Pengamatan, tes lisan, unjuk kerja



















WORDS
EXPRESSIONS
RESPONS
beautiful
Wow.. She is very beautiful
Thank you
great
Great  job.!!!  Congratulation
 I think you are very great
Thanks
excellent
You are very excellent..!!!
Thanks a lot
Like
I really like your pen.!
Im glad you like it
(Wow,)
Thats/Its
Wonderful
Marvelous
Great
Awesome
So Cool
Amazing
Fantastic










 by : cipikipiki.blogspot.com








Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FUTURE WITH ENGLISH - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -