- Back to Home »
- learning »
Posted by : fadila cahya
Senin, 11 Agustus 2014
SILABUS SMA/MA
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS-WAJIB
Kelas : XI
Kompetensi
Inti :
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk memberi
saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
· Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
· Terbiasa
menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
Unsur kebahasaan
(1)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan
proaktif
|
Mengamati
·
Siswa menyimak/ mendengarkan ungkapan
memberi saran dan tawaran dan
responnya dengan (ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan)
yang tepat, serta sikap santun dan peduli.
· Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan ungkapan yang digunakan.
·
Siswa belajar mengambil giliran dalam melakukan tindak
komunikasi
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan
pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
- Fungsi
sosial
- Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran dan tawaran
- Penggunaan unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi saran dan tawaran dan responnya.
Mengeksplorasi
· Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan tentang tujuan,
ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan dan tawaran
dan meresponnya
· Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut
· Siswa berlatih mengambil giliran dan
menggunakan kesantunan
dalam berkomunikasi
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
· Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai
ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
·
Siswa membandingkan cara
mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari sumber lain
Mengkomunikasikan
· Siswa bermain peran memberi
saran dan tawaran serta responnya
·
Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan
tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di
luar kelas,dalam bentuk percakapan/simulasi
dengan memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta
strategi yang benar dan sesuai dengan konteks.
· Siswa
membuat ‘learning journal’
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial memberi saran
dan tawaran dan responnya
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks memberi saran
dan tawaran dan responnya
· Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain
peran (role play) dalam bentuk
interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .
· Ketepatan
menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi saran dan tawaran serta responnya
Pengamatan
(observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk memberi
saran dan tawaran dan responnya ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2jp
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International
2.2.
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran
serta responnya
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan
orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I suppose...
In my
opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
· Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat
dan pikiran
· Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan
pikiran
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi menyatakan pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan pendapat dan pikiran dengan
bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan
pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat
dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
· Ketepatan
menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Pengamatan
(observations):
·
Upaya menggunakan bahasa
Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul
kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
· Berperilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International
2.1.Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan
doa
bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa,
bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan
dan doa
-
I hope …
-
I
wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa
· Siswa mengikuti interaksi harapan dan doa
· Siswa menirukan model interaksi harapan dan doa
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi harapan dan doa. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan harapan dan doa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan harapan dan
doa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan harapan dan doa dalam
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan penggunaan
ungkapan harapan dan doa dalam bahasa
Inggris dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan harapan dan doa
bersayap
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
· Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan harapan dan doa serta responnya.
Pengamatan
(observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan
dan doa ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menangkap makna
teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi sederhana
Fungsi
Sosial
Menjagahubungan
transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
-
Will/
Couid you come with me to the exhibition?
- Is it possible for you to attend my birthday partyr?
Closing
Unsur
kebahasaan:
(1)
Kata dan tata bahasa baku
(2)
Ejaan dan tulisan tangan
dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
(4)
Layout
(5)
Rujukan kata
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan
berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari
berbagai sumber (a.l. media massa,
internet).
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
· Siswa membacakan
contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata,
dengan benar dan lancar.
·
Siswa
menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar
menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan pertanyaan
pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan
kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
·
Siswa
memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain dari berbagai sumber
·
Siswa
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis
berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
· Secara berkelompok siswa mendiskusikan
ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
· Siswa menyunting
undang yang diambil dari berbagai sumber
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
Mengkomunikasikan
· Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
· Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
· Siswa menyunting
undang yang diambil dari berbagai sumber
· Dengan menggunakan
multimedia, siswa membuat kartu undangan
·
Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk kerja
·
Melakukan role-play
(bermain peran) mengundang
secara resmi
· Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan undangan secara resmi
Pengamatan (observations
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
· Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi undangan
resmi
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
berupa catatan atau rekaman monolog.
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan
resmi berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil tes
dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
3 x 2 JP
|
· Berbagai undangan dalam bahasa Inggris
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkankan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menangkap makna
teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks
surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Surat pribadi sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman
secara tertulis
Memberi informasi
kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa
yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
·
Kata dan tata bahasa baku
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
· Rujukan kata
· simple
present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan
tulisan tangan yang jelas dan rapi
|
Mengamati
· Siswa
memperhatikan berbagai surat pribadi yang
digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
· Siswa membacakan
contoh-contoh surat
pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan
lancar.
· Siswa menyalin
contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan
tata letak penulisan.
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan
- Fungsi Sosial;
- Struktur
- Unsur kebahasaan
yang digunakan dalam surat pribadi.
·
Siswa
mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi
tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi yang lain
dari berbagai sumber
·
Siswa
berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi
tertentu
·
Siswa
menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.
Mengasosiasi
·
Siswa
menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci,
efektivitasnya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi
Komunikasi
·
Siswa
melengkapi surat pribadi sederhana dan menyampaikannya
di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·
Siswa
berkreasi dalam menuliskan surat
pribadi kepada teman/ guru
·
Siswa
memperoleh penguatan dari guru
|
Kriteria penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial dalam menyampaikan surat
pribadi
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan
struktur teks surat
· Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan
(observasi)
·
Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat
pribadi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan surat
pribadi, berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil tes
dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Mengembangkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
teks prosedur berbentuk
manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuan komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap
dan urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian dari benda yang
dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan
Unsur
Kebahasaan
·
simple present tense
·
imperative,
·
Nomor yang menyatakan urutan
· kata keterangan
· ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata,
tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.
|
Mengamati
· Siswa membaca/ membacakan/ mendengarkan
berbagai macam manual dan tip.
· Siswa mengamati tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari
teks prosedur yang membaca, membacakan, menonton, dan mendengarkan
Mempertanyakan
· Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan tujuan
komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
Mengeksplorasi
· Siswa berlatih menggunakan kalimat imperative dalam memberikan tip secara
lisan dan tulis
· Siswa membacakan manual dan tip kepada teman dengan menggunakan
unsur kebahasaan yang tepat
· Secara
individu siswa menyalin beberapa tips
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan beberapa manual dan tips
· Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas tentang masalah yang
dihadapi pada saat membaca, mendengarkan,
dan menuliskan manual dan tips dengan fokus pada tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan.
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang
disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa
mempresentasikan beberapa tips yang disalin dari beberapa sumber
· Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks prosedur
·
Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations) Tujuan
untuk memberi balikan. Sasaran
penilaian
adalah:
· Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
berupa catatan atau rekaman monolog teks prosedur berbentuk manual dan tips
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penyuntingan
teks prosedur.
· Kumpulan hasil tes dan
latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
· Manual
dari berbagai produk
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.7 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
(Passive Voice)
Fungsi Sosial
menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya
Struktur Teks
Insects are considered
dangerous animals.
Tsunami is caused by
earthquake affecting the seabed.
Unsur kebahasaan
· Kata kerja be (is/ am/ are/ was/ were) dan
verb 3rd form.
· tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal
terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu melibatkan
pelakunya
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive, dalam berbagai
konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur
Passive
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen
(Explore)
a.
Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive dalam
bahasa Inggris dalam konteks simulasi
dan kegiatan lain yang terstruktur.
b.
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam bentuk
passive dalam bahasa Inggris dalam
proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan kalimat passive
yang telah dipelajari dengan kalimat aktive.
· Siswa membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa Inggris dengan
bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Komunikasi
· Siswa bertanya jawab dengan kalimat passive dalam bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
· Siswa berkreasi dengan tulisan ilmiah mereka dengan kalimat passive
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan kalimat passive dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
· Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk
passive
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
· Kumpulan hasil tes dan
latihan.
· Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat,
berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
|
3 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Mengembangkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.8 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu
yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang
akan datang
Conditional Sentence
Fungsi Sosial
Menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang
Struktur Teks
-
If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.
- If you excercise regularly, you will get
the benefit physically and mentally
Unsur Kebahasaan
- If Clauses dalam simple present
- Main Clause dengan modals can/ will
Topik:
Berbagai hal
terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa diwaktu yang akan
datang
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian, dalam berbagai
konteks.
· Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang selama proses pembelajaran, dengan
bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan
pengandaian.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian (fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
· Siswa
menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
· Siswa
berusaha menyatakan dan menanyakantentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/
peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan pengandaian yang telah dipelajari dengan
ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam bahasa Inggris
dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
· Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka dalam teks pengandaian
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan pengandaian dalam bahasa
Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
penilaian:
·
Pencapaian
fungsi sosial
·
Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
· Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam
bentuk pengandaian/
If clause
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
· Kumpulan hasil tes dan
latihan.
· Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat,
berupa komentar atau cara
penilaian lainnya.
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah
faktual (factual
report ) dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai
dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XI.
|
Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana
tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
Fungsi sosial
-
Mengamati alam
-
Menulis paparan ilmiah mengenai benda,binatang dan
gejal/ peristiwa alam
Struktur
-
Klasifikasi Umum tentang binatang/ benda yang ditulis,
e.g.
Slow loris is a mammal. It is found in ... It is a nocturnal
animal. It is very small with ....
-
Penggambaran
mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
-
Simple Present
-
Kata kerja yang
menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam
-
Kata sifat
-
Berbagai kata benda terkait
dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
-
ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
-
Rujukan kata
|
Mengamati
·
Siswa menyimak berbagai
contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan
·
Siswa mengamati fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
·
Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci dan informasi tertentu
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan
pengarah dari guru, siswa terpancing untuk
mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam paparan
tersebut.
·
Siswa mempertanyakan cara
menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.
Mengeksplorasi
Siswa mendengarkan/ membaca/membacakan teks ilmiah
faktual dengan membandingkan berbagai teks report dengan
memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
dengan konteks.
Mengasosiasi
· Dalam
kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang
ada dalam beberapa teks report.
· Siswa
mengelompokkan struktur, fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan
penggunaannya.
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil
analis tentang fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja
kelompok
Komunikasi
·
Siswa menyalin teks report yang didapatkannya tentang benda, binatang dan gejala alam atau
peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain dan membacakannya di kelas
·
Siswa menyampaikan laporan berupa catatan (note taking) dari hasil membaca beberapa teks ilmiah faktual.
·
Membuat learning journal dalam pembelajaran ini.
·
Pada saat yang sama, antar
siswa melakukan penilaian sejawat, tentang teks report yang dihasilkan
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
· Berperilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks ilmiah faktual
· Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar
· Kumpulan hasil tes dan
latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat
dibicarakan umum
|
Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan
pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a. Menyebutkan pokok permasalahan
terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi
sebagai pendukung
c. Diakhiri dengan kesimpulan yang
menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
-
Kalimat Simple Present
-
Conditional Clauses
-
Modals
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis yang diberikan/ diperdengarkan guru
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks eksposisi analitis
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks
eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
· Siswa mencari beberapa text eksposisi
analitis dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu
· Siswa secara berkelompok menuliskan
/menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
· Siswa membacakan
teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks eksposisi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa membuat laporan berupa catatan
hasil membaca dan mendengarkan
· Berkelompok, siswa bertukar cerita
tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
· Siswa mempresentasikannya di kelas
· Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman
masing-masing dalam mencari teks eksposisi
selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang
dialami.
· Siswa
membuat ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks eksposisi analitis
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
· Berperilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi analitis
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar
· Kumpulan hasil tes dan
latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat,
berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian
lain
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.15
Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana
tentang tokoh terkenal
|
Teks biografi pendek dan
sederhana tentang tokoh terkenal
Fungsi Sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin,
melaporkan
Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan
runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur
Kebahasaan
- Kata-kata terkait dengan perjuangan
hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak
dibicarakan.
- Simple, Continuous, Perfect tense
- Penyebutan kata benda
-
Modal
auxiliary verbs
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi yang diberikan/ diperdengarkan guru secara
santun dan tanggung jawab.
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·
Siswa mengamati keteladanan
dari teks biografi yang dipelajari.
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·
Siswa mempertanyakan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
· Siswa mencari beberapa text biografi dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu
·
Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks biografi sederhana
· Siswa secara berkelompok menuliskan
/menyalin teks biografi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan dengan runtut
· Siswa membacakan
teksbiografit kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks biografi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa menceritakan kembali teks biografi
sederhana tentang keteladanan dari tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
· Siswa membuat kliping teks biografi dengan menyalin dan beberapa
sumber.
· Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman
masing-masing dalam mencari teks biografi selama proses pembelajaran di
dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
· Siswa
membuat ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian
fungsi sosial
· Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian adalah:
· Berperilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
· Ketepatan
dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar
· Kumpulan hasil tes dan
latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar
atau cara penilaian
lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian
lain.
|
4 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanaka n komunikasi fungsional
3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan kebahassaan dalam lagu
4.16 Menangkap pesan dalam lagu
|
Lagu
Fungsi
sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan
moral
Unsur kebahasaan
· Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang
menginspirasi.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan lagu yang diperdengarkan
· Siswa menirukan
model secara terbimbing.
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu
tersebut
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan
pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan pesan yang
disampaikan dari lagu
· Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari
lagu tersebut
Mengeksplorasi
·
Siswa melengkapi rumpang pada lagu tersebut dengan
ungkapan yang benar sesuai dengan model yang dipelajari
·
Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan
tekanan kata yang tepat
·
Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
· Secara individu siswa membandingkan
pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin
· Siswa mengaitkan syair lagu dengan ungkapan yang sudah dipelajari
Mengkomunikasikan
·
Siswa mendemonstrasikan kemahiran
mereka menyanyikan lagu tersebut dengan pengucapan dan tekanan kata yang
benar.
· Siswa melaporkan kumpulan lagu yang sudah dianalis pesan di
dalam lugu-lagu tersebut
· Antar siswa melakukan penilaian terhadap
kumpulan lagu yang dibuat.
|
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:
·
kesantunan saat melakukan
tindakan
·
Perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Ketepatan dan kesesuaian
dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
Portofolio
·
Kumpulan kemajuan siswa
berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan
terhadap lagu
·
kumpulan hasil tes
dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan
· penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
|
2 x 2 JP
|
· CD/ Audio/ VCD
· Koran/Majalah berbahasa Inggris
· Buku lagu bahasa Inggris
· Sumber dari internet:
|
|