Popular Post

Posted by : fadila cahya Minggu, 03 Agustus 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas/Semester            : X/1
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Topik                           : Memuji Bersayap (extended)
Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit
Jumlah Pertemuan       : 1 Pertemuan

A.      Kompetensi Inti :

KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar :
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap  serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator :
·      Menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
·      Memiliki perilaku jujur dan santun dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan lingkungan
·      Menengenal ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
·      Melafalkan ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
·      Membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
dalam komunikasi
·      Mempraktekan ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
D. Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international
2.      Siswa memiliki perilaku jujur dan santun dalam berinteraksi secara efektif dengan sosial dan lingkungan
3.      Diberikan beberapa ungkapan,siswa mengenal ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
4.      Diberikan beberapa ungkapan siswa melafalkan ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
5.      Diberi beberapa ungkapan siswa membandingkan penggunaan ungkapan- ungkapan menunjukan memuji dalam komunikasi
6.      Diberi beberapa ungkapan menunjukan perhatian, siswa mempraktekan ungkapan- ungkapan menunjukan memuji
E. Materi Pembelajaran :
Fungsi sosial
·                    Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
·                    Ungkapan untuk memuji dan responnya : Excellent! You really did it well, Tina.”  “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
·                      Ucapan, tekanan kata, intonasi
F.   Metode Pembelajaran :
·         Metode: scientific
G.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran :
Audio
H.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Siswa mengucapkan salam dan berdo’a sebelum memulai pelajaran.
·      Siswa merespon guru ketika guru memeriksa kahadiran siswa.
·      Guru mereview materi yang dipelajari pertemuan sebelumnya
·      Siswa memperhatikan ulasan guru tentang gambaran materi yang akan disampaikan.
10 menit
Inti
Mengamati
·      Siswa mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap.
Siswa menuliskan expresi memuji yang ada di dalam video
Mempertanyakan
·      Siswa mempertanyakan perbedaan antara memuji bersayap dalam bahasa inggris dan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
·      Siswa membuat dialog memuji secara berkelompok.
Mengasosiasi
Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain
Mengkomunikasikan
·      Siswa mempraktekan ekspresi  memuji di dalam kelas.


10 menit




10 menit




20 menit




15 menit




15 menit
Penutup
 Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai ungkapan memuji bersayap, bagaimana menanyakan dan merespon dengan tepat.
 Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Siswa menuliskan permasalahan menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan memuji  dalam jurnal belajar (learning journal).
Siswa dan guru menutup pelajaran dengan membaca do’a



10    menit

I.     Penilaian
·     Tes tulis
Complete the dialogue based on what you have heard
1.      Andi      :  …………………………………….. ?
      Riska     :  I will go to Surabaya to visit my grand father
2.      Dedi      :  I’m planning to ………………..
Nanang  :  Good luck with your plan
3.      Aura      :  I can’t tell you now……………………….
Nafa      : it’s alright

Cara penilaian :
1.      Nilai 4 jika jawaban benar, nilai 1 jika jawaban salah
2.      Nilai 3 jika jawaban benar, nilai 1 jika jawaban salah
3.      Nilai 3 jika jawaban benar, nilai 1 jika jawaban salah

Nilai = Skor yang diperoleh  x 10
                 Skor maksimal



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FUTURE WITH ENGLISH - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -